Mau Ceper, Boleh Potong Per? - Majalah Kamu
Headlines News :
Home » , , » Mau Ceper, Boleh Potong Per?

Mau Ceper, Boleh Potong Per?


Suspensi adalah satu organ kendaraan yang berfungsi utama memberikan kenyamanan kepada pengemudi dan penumpang dengan meredam guncangan akibat medan jalan tidak rata. Jika ingin membuat mobil ceper, maka pengubahan ada pada sektor suspensi, khususnya per.

Idealnya, langkah penceperan terbaik adalah menggunakan lowering kit atau paket suspensi khusus ceper buatan pabrik seperti Eibach, Jamex, Intrack, Apexi yang semuanya juga bisa diperoleh dalam kondisi second.

Semua perusahaan ini sudah menghabiskan waktu dan uang untuk memikirkan bagaimana membuat mobil ceper, tanpa membuat Anda harus bersusah-susah memikirkan spesifikasi yang pas agar gaya ceper bisa diperoleh, sementara kenyamanan dan keamanan masih tetap bisa didapatkan.

Memotong sendiri per butuh keberanian dan pengetahuan yang cukup. Kalau mau coba-coba, berarti siap-siap keluar uang lebih untuk membeli per baru karena, misalnya, akibat salah potong.

Anda juga harus punya pemotong khusus agar ukuran per yang didapatkan sesuai dengan kebutuhan yang sebelumnya dipanaskan terlebih dahulu agar mudah dipotong, tetapi fatalnya dapat membuat per bengkok dan justru berbahaya jika dipasang pada kendaraan.

Untuk diketahui, konstruksi per sebenarnya terdiri dari bagian yang aktif (terlihat renggang) dan pasif (terlihat lebih rapat). Jika pemotongan per tetap dilakukan, maka tidak dianjurkan lebih dari seperempat ukuran aslinya.

Sebagai gambaran, lowering kit sudah tersedia untuk beragam jenis kendaraan secara spesifik. Misalnya lowering kit untuk Mazda3 atau Audi. Dalam hal ini, pihak bengkel khusus ceper biasanya sudah bisa memilah. Yang menyenangkan lagi, sejumlah paket ditawarkan berikut stopper atau semacam mur penahan untuk menyesuaikan tinggi suspensi yang diinginkan.

Selain lihat apakah pemasangannya membuat mobil terlihat keren, perhatikan juga apakah pemasangan sudah sesuai pusat titik gravitasi yang seterusnya memberikan pengendalian lebih baik pada mobil, baik atau nyaman saat beradu dengan permukaan jalan, dan apakah tidak limbung saat mobil bermanuver. Yang satu ini perlu uji coba setelah pemasangan.

Perhatikan juga apakah penceperan atau mungkin pemasangan ban bervelg besar mentok di sepakbor atau fender.

Jika Anda tidak mengubah bentuk sepakbor atau fender (melebarkan bodi di bagian itu misalnya), ceper yang ekstrim atau melebihi batas dan maka akan membuat ban terbentur-bentur sepakbor dan bisa mengakibatkan gerak mobil melambat tiba-tiba saat terguncang (bumpstop) atau lebih jauh membuat ban lebih cepat aus.

Share this article :
 
Support : Rasa Susu Segar | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Majalah Kamu - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger